PROPOSAL
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
“PELANGI
SI SEHAT”
BIDANG
KEGIATAN :
PKM
KEWIRAUSAHAAN
DIUSULKAN
OLEH :
NUR
CHOLIFAH (140531100097 / 2014)
LUTFIANI
(140531100095 / 2014)
FURQON
PRIMA BAIKUNI (140531100105 / 2014)
MUHAMMAD
NAJIB (140531100083 / 2014)
UNIVERSITAS
TRUNOJOYO MADURA
BANGKALAN
2014/2015
LAMPIRAN
2.5 Format
Halaman Pengesahan PKM-K
PENGESAHAN
PKM-KEWIRAUSAHAAN
1.
Judul kegiatan :
Pelangi si sehat
2.
Bidang kegiatan :
PKM-K
3.
Ketua pelaksana kegiatan :
a)
Nama
lengkap :
Nur Cholifah
b)
NIM :
140531100097
c)
Jurusan :
ILMU KOMUNIKASI
d)
Universitas/Institut/Politeknik : Universitas Trunojoyo Madura
e)
Alamat
rumah dan no Tel/HP : Jalan
joyoboyo/14, Gedangan,
Sidoarjo.
(089677562448)
f)
Alamat
e-mail :
nurcholifah27@rocketmail.com
4.
Anggota pelaksana kegiatan/penulis :
4 orang
5.
Dosen pendamping :
a. Nama lengkap
dan gelar : Netty
Dyah Kurniasari, S.Sos, M.Med.kom
b.
NIDN :
c.
Alamat rumah dan no Tel/HP :
6.
Biaya kegiatan total :
a.
Dikti :
b.
Sumber
lain :
7.
Jangka waktu pelaksanaan :
4 bulan
Bangkalan, 24 Maret 2015
Menyetujui
Ketua Jurusan Ketua
Pelaksana Kegiatan
(____________________) ( NUR CHOLIFAH)
NIP. NIK NIM : 140531100097
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dosen Pendamping
(____________________) ( Netty Dyah Kurniasari )
NIP. NIK NIDN
DAFTAR
ISI
COVER
PROPOSAL ........................................................................................ ............ i
HALAMAN
PENGESAHAN ........................................................................... ........... ii
DAFTAR
ISI ................................................................................................................. iii
JUDUL
PROPOSAL ................................................................................................... 01
LATAR
BELAKANG ................................................................................................. 01
PERUMUSAN
MASALAH ........................................................................................ 02
TUJUAN
....................................................................................................................... 02
LUARAN
YANG DIHARAPKAN ............................................................................ 02
GAMBARAN
UMUM RENCANA USAHA ............................................................ 03
A. DESAIN
PRODUK................................................................................... 03
B. PENENTUAN
LOKASI USAHA............................................................ 03
C. PENGAWASAN
KUALITAS.................................................................. 03
METODE
PELAKSANAAN ..................................................................................... 04
IDENTIFIKASI MASALAH .............................................................................. 04
PERENCANAAN PEMASARAN ...................................................................... 05
JADWAL
KEGIATAN ............................................................................................... 06
CONTOH
SAMPLE .................................................................................................... 07
PERANCANGAN
BIAYA ......................................................................................... 08
BIODATA
KELOMPOK ............................................................................................ 09
HASIL
AKHIR (PELANGI SI SEHAT) ................................................................... 11
1.
Judul
Proposal
“Pelangi Si Sehat”. Yaitu es Pelangi yang
terbuat dari nutrijel dan disertai dengan buah-buahan sebagai
topping/pelengkap.
2.
Latar
Belakang
Pertumbuhan penduduk
tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi. Sebuah keharusan bagi setiap individu
maupun instansi untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan dalam rangka
menciptakan sebuah tatanan kehidupan yang seimbang. Dari permasalahan itulah
kami mencoba untuk berfikir kreatif dalam menciptakan peluang usaha untuk
mencari sumber-sumber penghasilan yang sedikit banyak dapat membantu kehidupan
kami maupun orang banyak.
Selama ini banyak orang
yang menganggap bahwa nutrijel hanya bisa dikonsumsi sebagai hidangan penutup
(dessert) maupun sebagai makanan biasa (camilan), padahal banyak sekali manfaat
nutrijel bagi kesehatan. contohnya untuk melancarkan pencernaan, karena setiap
manusia membutuhkan serat, membantu mengurangi kolesterol, baik untuk menjaga
berat badan, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, memelihara kesehatan
rambut, menjaga kesehatan kulit, dll.
Dari manfaat di atas
kami ingin membuat inovasi baru agar masyarakat dapat mengonsumsinya dengan
mudah yang tentunya menyehatkan dan enak, yaitu dengan menambahkan komposisi
seperti sirup, susu, es batu , dan juga buah-buahan. Lalu kami namakan inovasi
ini dengan “Es Pelangi”.
Setelah
produk ini dipasarkan diharapkan ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan :
a. Aspek
kesehatan
Pelangi Si Sehat ini diharapkan menjadi
salah satu alternatif es yang mempunyai serat dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan
hidup yang sehat. Dan masyarakat dapat menjadikan produk ini sebagai minuman
yang sehat.
b. Aspek
sosial – ekonomi
Dengan produk ini diharapkan menjadi
salah satu produk yang sehat dan terjangkau. Selain itu produk ini diharapkan
menjadi inovasi baru untuk minuman es yang cantik, enak, ekonomis, dan juga
mengenyangkan.
Manfaat dari kegiatan ini adalah pengalaman
berwirausaha. Tidak hanya menjadi mahasiswa, tetapi kami juga ingin
berwirausaha, merasakan bagaimana menjadi wirausahawan yang membuka lapangan
pekerjaan bagi diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, kami mengharapkan
produk kami mempunyai nilai ekonomis bagi sesuatu yang selama ini kurang
diperhatikan manfaatnya. Kami juga mengharapkan produk ini dapat menjadi
inovasi baru untuk memperkenalkan minuman es yang beda dari es-es pada umumnya.
3.
Perumusan
Masalah
a. Bagaimana
usaha untuk menciptakan produk Pelangi Si Sehat yang baik untuk dikonsumsi?
b. Bagaimana
metode pelaksanaan produksi Pelangi Si Sehat?
c. Bagaimana
stategi pemasaran yang akan kami gunakan
untuk
mengembangkan dan memperkenalkan produk
baru kami kepada masyarakat?
4.
Tujuan
A. Memunculkan
inovasi-inovasi baru dalam hal pengolahan es. Yakni
menciptakan produk Es yang sehat untuk
dikonsumsi. Pelangi Si Sehat.
B.
Menumbuhkan jiwa wirausaha bagi orang lain
C.
Meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik
5.
Luaran
yang diharapkan
Dengan usaha dan produk ini kami harapkan
dapat memenuhi kebutuhan serat terutama pada kalangan mahasiswa yang gemar
mengonsumsi minuman manis dan segar. Pelangi Si Sehat akan dihadirkan dengan kecantikan
yang berbeda-beda, yaitu Pelangi melon, Pelangi nanas, dan pelangi jeruk. Mengapa kami membuat es? Karena kami sadar
bahwa madura adalah pulau yang cukup panas, jadi menurut kami usaha kami
tersebut akan berjalan lancar sesuai yang kami harapkan. Konsumen yang kami
bidik adalah mahasiswa di universitas trunojoyo madura, masyarakat sekitar
kampus, maupun luar pulau madura karena kami ingin mengenalkan inovasi es yang
terbaru dan juga menyehatkan. Kami optimis dengan usaha yang kami buat karena
kami menawarkan produk yang sehat dan terjangkau oleh segala jenis
kantong/dompet.
GAMBARAN
UMUM RENCANA USAHA
Gambaran umum rencana usaha
Untuk perolehan bahan
baku (nutrijel, sirup, susu) kami peroleh di toko terdekat lalu memasaknya di
tempat tinggal kami. Bahan baku lain (buah-buahan) kami peroleh dari pasar.
Dalam proses produksi, kami memproduksinya bersama kelompok (kami). Langkah ini
kami ambil untuk meminimalisir biaya pengeluaran (jika kami menggunakan jasa
orang lain) dan juga mengajarkan kepada kami untuk tetap menjaga kekeluargaan
dan menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi kepada sesama anggota kelompok
kami ini, sehingga kami dapat melanjutkan usaha ini dengan maksimal.
1. Desain
produk
Produk ini akan kami
pasarkan dengan kemasan gelas berukuran sedang dan dengan segel produk. Mengapa
kami mengemasnya dalam bentuk seperti itu? karena kami ingin menciptakan kesan
praktis, siap untuk dinikmati, tidak ribet jika dibawa kemana-kemana. Kami juga
menyediakan sendok kecil sebagai pelengkap. Desain label kami desain se-simple
mungkin (untuk menghindari kesan ramai) karena es pelangi sendiri sudah
memiliki banyak warna-warni di dalam komposisinya. Es pelangi menggambarkan es
yang sehat dan tentunya pula cantik (tampilannya). Selanjutnya produk ini kami
pasarkan disekitar universitas trunojoyo madura (di dalam maupun di luar
kampus). Untuk meningkatkan output produk ini, kami akan selalu mencoba inovasi-inovasi
lain dan mengikuti perkembangan selera mahasiswa yang semakin hari semakin
trendy. Akan tetapi kami akan tetap konsisten dengan kebutuhan serat, yaitu berupa
produk es berbahan baku nutrijel dan buah-buahan sebagai toppingnya.
2. Penentuan
lokasi usaha
Lokasi yang menjadi
sasaran utama produk kami adalah di sekitar kampus kami (universitas trunojoyo
madura) dan juga di luar kampus. Kami juga akan memasarkan produk ini dengan
media sosial Facebook, Twitter, Grup BBM, sehingga masyarakat luas juga bisa
menikmati khasiat nutrijel dan buah-buahan yang telah dirancang sedemikian
rupa.
3. Pengawasan
kualitas
Proses pengawasan ini
kami lakukan langsung oleh kelompok kami sendiri. Kami memilih bahan-bahan yang
memang benar-benar bagus untuk dikonsumsi dan juga benar-benar terjaga nilai
gizi-nya. Dalam pengawasan produk kami akan menjaga rasa, kualitas, kemasan
agar tetap menarik. Kami juga akan memastikan dalam proses pengolahan tidak ada
bahan aditif dan sejenisnya terdapat dalam produk ini.
Produk Pelangi Si Sehat
ini kami hadirkan dengan berbagai inovasi menarik, Pelangi Si Sehat akan
dihadirkan dengan kecantikan yang berbeda-beda, yaitu Pelangi melon, Pelangi
nanas, dan pelangi jeruk. Dan juga dikemas dengan bentuk se-praktis dan
se-cantik mungkin, agar konsumen tidak ribet dalam pengonsumsiannya. Sehat dan
tetap cantik.
METODE PELAKSANAAN
Metode pelaksanaan dari program ini
adalah :
1. Identifikasi
masalah
Masalah utama yang mendasar adalah bahan
pendamping yang berupa sirup beraneka rasa. Tak banyak orang yang menyukai
sirup (manis), bahkan juga ada orang-orang tertentu yang memang pantang meminum
sirup. Untuk antisispasi hal tersebut kami sengaja menciptakan inovasi baru
yaitu es pelangi tanpa sirup, hanya menggunakan nutrijel, susu, dan juga
buah-bauahan. Rasa manis diperoleh dari buah-buahan (manis alami). Adapun
analisis SWOT dari usaha kami sebagai berikut :
a. Strength
(kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah :
1. Kemudahan
memperoleh bubuk nutrijel serta mudahnya pengolahannya,
2. Produk
yang ditawarkan menjadi salah satu jajanan yang disukai oleh banyak kalangan.
3. Produk
yang ditawarkan dengan berbagai macam varian topping.
4. Proses
pembuatan cukup mudah.
b. Weeknes
(kelemahan)
Kelemahan yang dimiliki adalah pada
tahapan printing label produk. Karena membutuhkan proses yang cukup menyita
waktu.
c. Opportunities
(peluang)
Faktor yang mendukung kelancaran bisnis
ini adalah cuaca pulau madura yang panas membuat orang-orangnya menjadi pecinta
es / minuman yang dingin. Mudahnya memperoleh serta memproses bahan. Serta
tidak banyak menyita waktu dalam proses pembuatannya.
d. Threat
(hambatan)
Pemasaran produk yang baru belum tentu
banyak diterima mahasiswa UTM maupun masyarakat sekitarnya. Kelayakan dan
khasiat produk masih jadi pertanyaan.
2. Perencanaan
pemasaran
a. Analisis
peluang pasar
1.
a. Kandungan gizi pada nutrijel
Nutrijel mengandung serat yang
dibutuhkan oleh tubuh,
melancarkan
sistem pencernaan, membantu
mengurangi kolesterol, baik untuk menjaga berat badan, membantu meningkatkan
kekebalan tubuh, memelihara kesehatan rambut, menjaga kesehatan kulit, dll.
b.
Kandungan gizi pada susu kental manis
susu mengandung kalsium, protein hewani,
dan zinc yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.
c.
Kandungan vitamin pada buah-buahan (melon, nanas, jeruk)
mengandung vitamin C yang tinggi. Amat
dibutuhkan oleh tubuh.
d.
Kandungan pada sirup
2.
Gaya hidup masyarakat
Es adalah salah satu minuman yang favorit
pada cuaca panas. Namun kebanyakan mahasiswa maupun masyarakat belum bisa
menentukan es yang bisa menyehatkan tubuh mereka. belum banyak yang tau
mengenai kebutuhan serat untuk tubuh mereka dalam hitungan per harinya. Oleh
sebab itu kami membantu mereka agar dapat mengkonsumsi es yang tentunya baik
bagi kesehatan.
b. Penentu
daerah pemasaran
Daerah pemasaran Pelangi Si Sehat ini
adalah di lingkungan universitas trunojoyo madura (baik di dalam maupun di luar
kampus). Mengenalkan produk baru kami kepada masyarakat sekitar, agar mereka
tahu bahwa nutrijel tidak hanya dikonsumsi sebagai Dessert (penutup) tapi juga
dapat diolah menjadi es yang menyehatkan. Tak hanya penjualan secara langsung
kami juga akan menjual produk ini melalui online. Jika hal ini berhasil maka kami
akan memperbesar area penjualan kami nantinya. Dari sebuah gerobak menjadi
sebuah warung / tempat nongkrong anak muda.
c. Strategi
produksi
Kami menjalin kerjasama dengan pihak
terkait (pihak universitas trunojoyo madura) dan masyarakat sekitar kampus.
d. Strategi
promosi dan pemasaran
1. Menjaga
kebersihan tempat produksi, alat-alat yang digunakan, serta kebersihan tempat
pemasaran.
2. Menetapkan
harga yang relatif murah agar dapat di jangkau oleh mahasiswa.
3. Tempat
penjualan yang strategis yaitu di dalam kampus. Dan juga diluar kampus.
4. Melakukan
pelayanan yang sopan dan ramah.
5. Memenuhi
permintaan konsumen.
6. Promosi
dengan cara yang menarik, menjelaskan kepada khalayak mengenai manfaat
nutrijel, buah melon, nanas, jeruk, susu secara spesifik melalui media sosial
dan brosur.
Jadwal Kegiatan
Tahapan
|
Bulan ke-
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Persiapan tempat dan peralatan
produksi
|
||||
Optimasi produksi
|
||||
Pembuatan desain tetap kemasan
produk
|
||||
Promosi di internet
|
||||
Penjualan di dalam dan luar
kampus
|
||||
Evaluasi
|
Sample produk
Pelangi
Si Sehat “Nanas” Pelangi Si
Sehat “Jeruk” Pelangi Si Sehat
“Melon”
|
Rancangan
Biaya
No
|
Barang
|
Jumlah
|
Harga
(rupiah)
|
produksi
|
|||
1.
|
Nutrijel
3 warna (masing-masing 5 bungkus)
|
@3
x Rp.5000
|
@Rp.15.000
x 5 = Rp.75.000
|
2.
|
Susu
kental manis
|
@3
|
@Rp.7000
x 3 = Rp.21.000
|
3.
|
Sirup
3 warna (masing-masing 3 botol)
|
@3
x Rp.20.000
|
@Rp.60.000
x 3 = Rp.180.000
|
4.
|
Gelas
plastik (1 pack = 50 buah)
|
@5
pack
|
@Rp.10.000
x 5 = Rp.50.000
|
5.
|
Sendok
plastik (1 pack = 50 buah)
|
@5
pack
|
@Rp.5000
x 5 = Rp.25.000
|
6.
|
Sticker
label (1 lembar = 30 sticker)
|
@20
lembar
|
@Rp.5000
x 20 = Rp.100.000
|
7.
|
Es
batu
|
@10
buah
|
@Rp.1000
x 10 = Rp.10.000
|
8.
|
Toples
(untuk wadah sirup)
|
@3
buah
|
@Rp.10.000
x 3 = Rp.30.000
|
9.
|
Termos
es batu
|
@1
buah
|
@Rp.75.000
|
10.
|
Sendok
aluminium
|
@3
buah
|
@Rp.3000
x 3 = Rp.9000
|
11.
|
Centong
(untuk es batu)
|
@2
buah
|
@Rp.10.000
x 2 = Rp.20.000
|
12.
|
Baskom
kecil (untuk wadah nutrijel)
|
@3
buah
|
@Rp.6000
x 3 = Rp.18.000
|
13.
|
Buah
melon
|
@2
buah
|
@Rp.15.000
x 2 = Rp.30.000
|
14.
|
Buah
nanas
|
@3
buah
|
@Rp.5000
x 3 = Rp.15.000
|
15.
|
Buah
jeruk
|
@1
kg
|
@Rp.20.000
|
16.
|
Pisau
|
@2
buah
|
@Rp.10.000
x 2 = Rp.20.000
|
17.
|
Sedotan
besar
|
@5
pack
|
@Rp.7000
x 5 = Rp.35.000
|
18.
|
Taplak
meja
|
@1
buah
|
@Rp.15.000
|
19.
|
Payung
besar
|
@1
buah
|
@Rp.100.000
|
20.
|
Meja
dan kursi
|
@1
set
|
@Rp.1.500.000
|
21.
|
Rak
kaca
|
@1
set
|
@Rp.200.000
|
22.
|
Kompor
Gas + Regulator
|
@1
buah
|
@Rp.800.000
|
23.
|
Tabung
Green-Gas 3kg
|
@1
buah
|
@Rp.200.000
|
24.
|
Panci
|
@2
buah
|
@Rp.25.000
x 2 = Rp.50.000
|
Total
|
Rp.
3.588.000
|
Biodata
Ketua Kelompok
1.
Nama :
Nur Cholifah
2.
NIM :
140531100097
3.
Jurusan/tahun angkatan : Ilmu Komunikasi/2014
4.
Fakultas/Universitas : Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya
(FISIB) Universitas
Trunojoyo Madura
5.
Tempat, Tanggal Lahir : Sidoarjo, 17 Oktober 1996
6.
Alamat :
Jalan Joyoboyo/14, RT.01, RW.01, Sawotratap
Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur
7.
Telepon :
089677562448
8.
E-mail :
nurcholifah27@rocketmail.com
9.
Kewarganegaraan : Indonesia
10.
Hobi :
otak-atik software, menyanyi.
Biodata
Anggota Kelompok
1.
Nama :
Lutfiani
2.
NIM :
140531100095
3.
Jurusan/tahun angkatan : Ilmu Komunikasi/2014
4.
Fakultas/Universitas : Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya
(FISIB) Universitas
Trunojoyo Madura
1. Nama : Furqon
Prima Baikuni
2. NIM : 140531100105
3. Jurusan/tahun
angkatan : Ilmu Komunikasi/2014
4. Fakultas/Universitas : Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya
(FISIB) Universitas
Trunojoyo Madura
1. Nama :
Muhammad Najib
2. NIM :
140531100083
3. Jurusan/tahun
angkatan : Ilmu Komunikasi/2014
4. Fakultas/Universitas : Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya
(FISIB) Universitas
Trunojoyo Madura
Selamat menikmati...
“Pelangi Si Sehat”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar