Translate

Senin, 06 April 2015

Proposal PKM-K (Pelangi Si Sehat) - NUR CHOLIFAH dan Kelompok


   



PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
“PELANGI SI SEHAT”
BIDANG KEGIATAN :
PKM KEWIRAUSAHAAN

DIUSULKAN OLEH :
NUR CHOLIFAH (140531100097 / 2014)
LUTFIANI (140531100095 / 2014)
FURQON PRIMA BAIKUNI (140531100105 / 2014)
MUHAMMAD NAJIB (140531100083 / 2014)


UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
BANGKALAN

2014/2015











LAMPIRAN 2.5 Format Halaman Pengesahan PKM-K

PENGESAHAN PKM-KEWIRAUSAHAAN

1. Judul kegiatan                                             : Pelangi si sehat
2. Bidang kegiatan                                          : PKM-K
3. Ketua pelaksana kegiatan                           :
a)      Nama lengkap                                                 : Nur Cholifah
b)      NIM                                                                : 140531100097
c)      Jurusan                                                            : ILMU KOMUNIKASI
d)     Universitas/Institut/Politeknik                        : Universitas Trunojoyo Madura
e)      Alamat rumah dan no Tel/HP                         : Jalan joyoboyo/14, Gedangan,
Sidoarjo. (089677562448)
f)       Alamat e-mail                                                 : nurcholifah27@rocketmail.com
4. Anggota pelaksana kegiatan/penulis          : 4 orang
5. Dosen pendamping                                     :
a. Nama lengkap dan gelar                        : Netty Dyah Kurniasari, S.Sos, M.Med.kom
b. NIDN                                                     :
c. Alamat rumah dan no Tel/HP                :
6. Biaya kegiatan total                                    :
a.       Dikti                                                                :
b.      Sumber lain                                                     :
7. Jangka waktu pelaksanaan                          : 4 bulan



Bangkalan, 24 Maret 2015



Menyetujui
Ketua Jurusan                                                                         Ketua Pelaksana Kegiatan





(____________________)                                                 ( NUR CHOLIFAH)
NIP. NIK                                                                            NIM : 140531100097




Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan                                   Dosen Pendamping





(____________________)                                                 ( Netty Dyah Kurniasari )
NIP. NIK                                                                            NIDN









DAFTAR ISI

COVER PROPOSAL ........................................................................................ ............ i
HALAMAN PENGESAHAN ........................................................................... ........... ii
DAFTAR ISI ................................................................................................................. iii
JUDUL PROPOSAL ................................................................................................... 01
LATAR BELAKANG ................................................................................................. 01
PERUMUSAN MASALAH ........................................................................................ 02
TUJUAN ....................................................................................................................... 02
LUARAN YANG DIHARAPKAN ............................................................................ 02
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA ............................................................ 03
A.    DESAIN PRODUK................................................................................... 03
B.     PENENTUAN LOKASI USAHA............................................................ 03
C.     PENGAWASAN KUALITAS.................................................................. 03
METODE PELAKSANAAN ..................................................................................... 04
         IDENTIFIKASI MASALAH .............................................................................. 04
         PERENCANAAN PEMASARAN ...................................................................... 05
JADWAL KEGIATAN ............................................................................................... 06
CONTOH SAMPLE .................................................................................................... 07
PERANCANGAN BIAYA ......................................................................................... 08
BIODATA KELOMPOK ............................................................................................ 09
HASIL AKHIR (PELANGI SI SEHAT) ................................................................... 11





1.      Judul Proposal
 “Pelangi Si Sehat”. Yaitu es Pelangi yang terbuat dari nutrijel dan disertai dengan buah-buahan sebagai topping/pelengkap.



2.      Latar Belakang
Pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi. Sebuah keharusan bagi setiap individu maupun instansi untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan dalam rangka menciptakan sebuah tatanan kehidupan yang seimbang. Dari permasalahan itulah kami mencoba untuk berfikir kreatif dalam menciptakan peluang usaha untuk mencari sumber-sumber penghasilan yang sedikit banyak dapat membantu kehidupan kami maupun orang banyak.
Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa nutrijel hanya bisa dikonsumsi sebagai hidangan penutup (dessert) maupun sebagai makanan biasa (camilan), padahal banyak sekali manfaat nutrijel bagi kesehatan. contohnya untuk melancarkan pencernaan, karena setiap manusia membutuhkan serat, membantu mengurangi kolesterol, baik untuk menjaga berat badan, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, memelihara kesehatan rambut, menjaga kesehatan kulit, dll.
Dari manfaat di atas kami ingin membuat inovasi baru agar masyarakat dapat mengonsumsinya dengan mudah yang tentunya menyehatkan dan enak, yaitu dengan menambahkan komposisi seperti sirup, susu, es batu , dan juga buah-buahan. Lalu kami namakan inovasi ini dengan “Es Pelangi”.
      Setelah produk ini dipasarkan diharapkan ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan :
a.       Aspek kesehatan
Pelangi Si Sehat ini diharapkan menjadi salah satu alternatif es yang mempunyai serat dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sehat. Dan masyarakat dapat menjadikan produk ini sebagai minuman yang sehat.
b.      Aspek sosial – ekonomi
Dengan produk ini diharapkan menjadi salah satu produk yang sehat dan terjangkau. Selain itu produk ini diharapkan menjadi inovasi baru untuk minuman es yang cantik, enak, ekonomis, dan juga mengenyangkan.
 Manfaat dari kegiatan ini adalah pengalaman berwirausaha. Tidak hanya menjadi mahasiswa, tetapi kami juga ingin berwirausaha, merasakan bagaimana menjadi wirausahawan yang membuka lapangan pekerjaan bagi diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, kami mengharapkan produk kami mempunyai nilai ekonomis bagi sesuatu yang selama ini kurang diperhatikan manfaatnya. Kami juga mengharapkan produk ini dapat menjadi inovasi baru untuk memperkenalkan minuman es yang beda dari es-es pada umumnya.

3.      Perumusan Masalah
a.       Bagaimana usaha untuk menciptakan produk Pelangi Si Sehat yang baik untuk dikonsumsi?
b.      Bagaimana metode pelaksanaan produksi Pelangi Si Sehat?
c.       Bagaimana stategi pemasaran yang akan kami gunakan  untuk
mengembangkan dan memperkenalkan produk baru kami kepada masyarakat?

4.      Tujuan
      A. Memunculkan inovasi-inovasi baru dalam hal pengolahan es. Yakni
menciptakan produk Es yang sehat untuk dikonsumsi. Pelangi Si Sehat.
                        B. Menumbuhkan jiwa wirausaha bagi orang lain
                        C. Meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik

5.      Luaran yang diharapkan
 Dengan usaha dan produk ini kami harapkan dapat memenuhi kebutuhan serat terutama pada kalangan mahasiswa yang gemar mengonsumsi minuman manis dan segar. Pelangi Si Sehat akan dihadirkan dengan kecantikan yang berbeda-beda, yaitu Pelangi melon, Pelangi nanas, dan pelangi jeruk.  Mengapa kami membuat es? Karena kami sadar bahwa madura adalah pulau yang cukup panas, jadi menurut kami usaha kami tersebut akan berjalan lancar sesuai yang kami harapkan. Konsumen yang kami bidik adalah mahasiswa di universitas trunojoyo madura, masyarakat sekitar kampus, maupun luar pulau madura karena kami ingin mengenalkan inovasi es yang terbaru dan juga menyehatkan. Kami optimis dengan usaha yang kami buat karena kami menawarkan produk yang sehat dan terjangkau oleh segala jenis kantong/dompet.




GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

Gambaran umum rencana usaha
Untuk perolehan bahan baku (nutrijel, sirup, susu) kami peroleh di toko terdekat lalu memasaknya di tempat tinggal kami. Bahan baku lain (buah-buahan) kami peroleh dari pasar. Dalam proses produksi, kami memproduksinya bersama kelompok (kami). Langkah ini kami ambil untuk meminimalisir biaya pengeluaran (jika kami menggunakan jasa orang lain) dan juga mengajarkan kepada kami untuk tetap menjaga kekeluargaan dan menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi kepada sesama anggota kelompok kami ini, sehingga kami dapat melanjutkan usaha ini dengan maksimal.

1.      Desain produk
Produk ini akan kami pasarkan dengan kemasan gelas berukuran sedang dan dengan segel produk. Mengapa kami mengemasnya dalam bentuk seperti itu? karena kami ingin menciptakan kesan praktis, siap untuk dinikmati, tidak ribet jika dibawa kemana-kemana. Kami juga menyediakan sendok kecil sebagai pelengkap. Desain label kami desain se-simple mungkin (untuk menghindari kesan ramai) karena es pelangi sendiri sudah memiliki banyak warna-warni di dalam komposisinya. Es pelangi menggambarkan es yang sehat dan tentunya pula cantik (tampilannya). Selanjutnya produk ini kami pasarkan disekitar universitas trunojoyo madura (di dalam maupun di luar kampus). Untuk meningkatkan output produk ini, kami akan selalu mencoba inovasi-inovasi lain dan mengikuti perkembangan selera mahasiswa yang semakin hari semakin trendy. Akan tetapi kami akan tetap konsisten dengan kebutuhan serat, yaitu berupa produk es berbahan baku nutrijel dan buah-buahan sebagai toppingnya.
2.      Penentuan lokasi usaha
Lokasi yang menjadi sasaran utama produk kami adalah di sekitar kampus kami (universitas trunojoyo madura) dan juga di luar kampus. Kami juga akan memasarkan produk ini dengan media sosial Facebook, Twitter, Grup BBM, sehingga masyarakat luas juga bisa menikmati khasiat nutrijel dan buah-buahan yang telah dirancang sedemikian rupa.
3.      Pengawasan kualitas
Proses pengawasan ini kami lakukan langsung oleh kelompok kami sendiri. Kami memilih bahan-bahan yang memang benar-benar bagus untuk dikonsumsi dan juga benar-benar terjaga nilai gizi-nya. Dalam pengawasan produk kami akan menjaga rasa, kualitas, kemasan agar tetap menarik. Kami juga akan memastikan dalam proses pengolahan tidak ada bahan aditif dan sejenisnya terdapat dalam produk ini.
Produk Pelangi Si Sehat ini kami hadirkan dengan berbagai inovasi menarik, Pelangi Si Sehat akan dihadirkan dengan kecantikan yang berbeda-beda, yaitu Pelangi melon, Pelangi nanas, dan pelangi jeruk. Dan juga dikemas dengan bentuk se-praktis dan se-cantik mungkin, agar konsumen tidak ribet dalam pengonsumsiannya. Sehat dan tetap cantik.

METODE PELAKSANAAN
Metode pelaksanaan dari program ini adalah :
1.      Identifikasi masalah
Masalah utama yang mendasar adalah bahan pendamping yang berupa sirup beraneka rasa. Tak banyak orang yang menyukai sirup (manis), bahkan juga ada orang-orang tertentu yang memang pantang meminum sirup. Untuk antisispasi hal tersebut kami sengaja menciptakan inovasi baru yaitu es pelangi tanpa sirup, hanya menggunakan nutrijel, susu, dan juga buah-bauahan. Rasa manis diperoleh dari buah-buahan (manis alami). Adapun analisis SWOT dari usaha kami sebagai berikut :
a.       Strength (kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah :
1.      Kemudahan memperoleh bubuk nutrijel serta mudahnya pengolahannya,
2.      Produk yang ditawarkan menjadi salah satu jajanan yang disukai oleh banyak kalangan.
3.      Produk yang ditawarkan dengan berbagai macam varian topping.
4.      Proses pembuatan  cukup mudah.
b.      Weeknes (kelemahan)
Kelemahan yang dimiliki adalah pada tahapan printing label produk. Karena membutuhkan proses yang cukup menyita waktu.
c.       Opportunities (peluang)
Faktor yang mendukung kelancaran bisnis ini adalah cuaca pulau madura yang panas membuat orang-orangnya menjadi pecinta es / minuman yang dingin. Mudahnya memperoleh serta memproses bahan. Serta tidak banyak menyita waktu dalam proses pembuatannya.
d.      Threat (hambatan)
Pemasaran produk yang baru belum tentu banyak diterima mahasiswa UTM maupun masyarakat sekitarnya. Kelayakan dan khasiat produk masih jadi pertanyaan.

2.      Perencanaan pemasaran
a.       Analisis peluang pasar
1.               a. Kandungan gizi pada nutrijel
Nutrijel mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh, melancarkan sistem pencernaan, membantu mengurangi kolesterol, baik untuk menjaga berat badan, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, memelihara kesehatan rambut, menjaga kesehatan kulit, dll.
b.  Kandungan gizi pada susu kental manis
susu mengandung kalsium, protein hewani, dan zinc yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.
c.  Kandungan vitamin pada buah-buahan (melon, nanas, jeruk)
mengandung vitamin C yang tinggi. Amat dibutuhkan oleh tubuh.
d.  Kandungan pada sirup
2.  Gaya hidup masyarakat
Es adalah salah satu minuman yang favorit pada cuaca panas. Namun kebanyakan mahasiswa maupun masyarakat belum bisa menentukan es yang bisa menyehatkan tubuh mereka. belum banyak yang tau mengenai kebutuhan serat untuk tubuh mereka dalam hitungan per harinya. Oleh sebab itu kami membantu mereka agar dapat mengkonsumsi es yang tentunya baik bagi kesehatan.

b.      Penentu daerah pemasaran
Daerah pemasaran Pelangi Si Sehat ini adalah di lingkungan universitas trunojoyo madura (baik di dalam maupun di luar kampus). Mengenalkan produk baru kami kepada masyarakat sekitar, agar mereka tahu bahwa nutrijel tidak hanya dikonsumsi sebagai Dessert (penutup) tapi juga dapat diolah menjadi es yang menyehatkan. Tak hanya penjualan secara langsung kami juga akan menjual produk ini melalui online. Jika hal ini berhasil maka kami akan memperbesar area penjualan kami nantinya. Dari sebuah gerobak menjadi sebuah warung / tempat nongkrong anak muda.
c.       Strategi produksi
Kami menjalin kerjasama dengan pihak terkait (pihak universitas trunojoyo madura) dan masyarakat sekitar kampus.
d.      Strategi promosi dan pemasaran
1.      Menjaga kebersihan tempat produksi, alat-alat yang digunakan, serta kebersihan tempat pemasaran.
2.      Menetapkan harga yang relatif murah agar dapat di jangkau oleh mahasiswa.
3.      Tempat penjualan yang strategis yaitu di dalam kampus. Dan juga diluar kampus.
4.      Melakukan pelayanan yang sopan dan ramah.
5.      Memenuhi permintaan konsumen.
6.      Promosi dengan cara yang menarik, menjelaskan kepada khalayak mengenai manfaat nutrijel, buah melon, nanas, jeruk, susu secara spesifik melalui media sosial dan brosur.
Jadwal Kegiatan
Tahapan
Bulan ke-
1
2
3
4
Persiapan tempat dan peralatan produksi




Optimasi produksi




Pembuatan desain tetap kemasan produk




Promosi di internet




Penjualan di dalam dan luar kampus




Evaluasi









                                                    Sample produk


Pelangi Si Sehat “Nanas”           Pelangi Si Sehat “Jeruk”          Pelangi Si Sehat “Melon”










Label Produk







Rancangan Biaya

No
Barang
Jumlah
Harga (rupiah)
produksi
1.
Nutrijel 3 warna (masing-masing 5 bungkus)
@3 x Rp.5000
@Rp.15.000 x 5 = Rp.75.000
2.
Susu kental manis
@3
@Rp.7000 x 3 = Rp.21.000
3.
Sirup 3 warna (masing-masing 3 botol)
@3 x Rp.20.000
@Rp.60.000 x 3 = Rp.180.000
4.
Gelas plastik (1 pack = 50 buah)
@5 pack
@Rp.10.000 x 5 = Rp.50.000
5.
Sendok plastik (1 pack = 50 buah)
@5 pack
@Rp.5000 x 5 = Rp.25.000
6.
Sticker label (1 lembar = 30 sticker)
@20 lembar
@Rp.5000 x 20 = Rp.100.000
7.
Es batu
@10 buah
@Rp.1000 x 10 = Rp.10.000
8.
Toples (untuk wadah sirup)
@3 buah
@Rp.10.000 x 3 = Rp.30.000
9.
Termos es batu
@1 buah
@Rp.75.000
10.
Sendok aluminium
@3 buah
@Rp.3000 x 3 = Rp.9000
11.
Centong (untuk es batu)
@2 buah
@Rp.10.000 x 2 = Rp.20.000
12.
Baskom kecil (untuk wadah nutrijel)
@3 buah
@Rp.6000 x 3 = Rp.18.000
13.
Buah melon
@2 buah
@Rp.15.000 x 2 = Rp.30.000
14.
Buah nanas
@3 buah
@Rp.5000 x 3 = Rp.15.000
15.
Buah jeruk
@1 kg
@Rp.20.000
16.
Pisau
@2 buah
@Rp.10.000 x 2 = Rp.20.000
17.
Sedotan besar
@5 pack
@Rp.7000 x 5 = Rp.35.000
18.
Taplak meja
@1 buah
@Rp.15.000
19.
Payung besar
@1 buah
@Rp.100.000
20.
Meja dan kursi
@1 set
@Rp.1.500.000
21.
Rak kaca
@1 set
@Rp.200.000
22.
Kompor Gas + Regulator
@1 buah
@Rp.800.000
23.
Tabung Green-Gas 3kg
@1 buah
@Rp.200.000
24.
Panci
@2 buah
@Rp.25.000 x 2 = Rp.50.000
Total
Rp. 3.588.000


Biodata Ketua Kelompok
1.      Nama                                       : Nur Cholifah
2.      NIM                                        : 140531100097
3.      Jurusan/tahun angkatan           : Ilmu Komunikasi/2014
4.      Fakultas/Universitas                : Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas
                                                         Trunojoyo Madura
5.      Tempat, Tanggal Lahir            : Sidoarjo, 17 Oktober 1996
6.      Alamat                                     : Jalan Joyoboyo/14, RT.01, RW.01, Sawotratap
                                                         Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur
7.      Telepon                                   : 089677562448
8.      E-mail                                      : nurcholifah27@rocketmail.com
9.      Kewarganegaraan                   : Indonesia
10.  Hobi                                        : otak-atik software, menyanyi.



Biodata Anggota Kelompok
1.      Nama                                       : Lutfiani
2.      NIM                                        : 140531100095
3.      Jurusan/tahun angkatan           : Ilmu Komunikasi/2014
4.      Fakultas/Universitas                : Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas
                                                         Trunojoyo Madura

1.      Nama                                       : Furqon Prima Baikuni
2.      NIM                                        : 140531100105
3.      Jurusan/tahun angkatan           : Ilmu Komunikasi/2014
4.      Fakultas/Universitas                : Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas
Trunojoyo Madura

1.      Nama                                       : Muhammad Najib
2.      NIM                                        : 140531100083
3.      Jurusan/tahun angkatan           : Ilmu Komunikasi/2014
4.      Fakultas/Universitas                : Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas
Trunojoyo Madura















Selamat menikmati...
“Pelangi Si Sehat”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar