Translate

Minggu, 06 Mei 2012

rendering - AUTO CAD


Teknik RENDERING .
Jika kita berbicara Tehnik Render, maka banyak cara2 yg disajikan di dalam Autocad. Namun kali ini saya akan menjabarkan beberapa tehnik rendering dasar atau yang sering digunakan Didalam tutorial ini saya menggunakan AutoCad 2010,karena menurut saya hasil rendernya lebih baik dari versi sebelumnya.GPL..praktek..! 


 1. RENDER DESIGN Siapkan Objeknya gan,saya ambil contoh seperti ini: 

image www.ilmugrafis.com

 View > Render > Materials , Maka keluar sub menu seperti ini : 
image www.ilmugrafis.com

 > Creat new material Beri nama “tembok” 
> OK! > pada menu Maps 
> selec image Ambil gambar dari computer anda,biasanya di sini file nya: C:\Program Data\Autodesk\Autocad2010\R18.0\enu\Textures Jika tidak sama maka anda bias mencarinya sendiri di file Acad anda.

 Disini saya ambil contoh : Masonry.Unit.Masonry.Brick.Modular.Clinker 
 > Apply material to Object > seleksi objeknya Maka objek tersebut telah menyerupai layaknya tembok yang belum di semen,seperti ini: 

image www.ilmugrafis.com

 Jika anda rasa skalanya terlalu besar,maka anda bisa mengaturnya di tab material offset & preview Untuk menemukanya, caranya anda cukup tarik kursor tab ke bawah. Atur skalanya sesuai keinginan. 

image www.ilmugrafis.com

 Jika merasa cukup pengaturan skalanya, jangan lupa untuk klik symbol gembok guna skalanya tidak berubah - ubah. Begitu pula untuk material yg selanjutnya gan untuk model yang sejenis, seperti kusen pintu/jendela, lemari kayu, bupet, or yg lainya. 

Untuk tehnik rendering yg lainya seperti kramik,paper,kaca,cermin,water,anda fokuskan ke pengaturan di tab Material Editor. Pilih criteria material di type dan Template Perhatikan petunjuk dibawah ini : 

image www.ilmugrafis.com

Berikut contoh-contoh yg saya buat:

image www.ilmugrafis.com

Sekian sekilas penjelasan tentang bagaimana merender sebuah object, anda bisa mencoba-coba sendiri untuk fungsi dari sub-sub menu tersebut dan selanjutnya untuk tutorial tehnik meRender With weather akan menyusul di tutorial saya selanjutnya :-) Terimakasih… Semoga tutorial ini bias di mengerti dan bermanfaat jika da kekurangan harap maklum dan jika kurang ada yang dimengerti anda bisa email ke saya.tak lupa pula saran dan kritiknya..(^_^).. 

Semoga Bermanfaaaaaat... =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar