Translate

Kamis, 26 April 2012

Tutorial Membuat WPAP Dengan Adobe Illustrator

Tutorial Cara Membuat WPAP dengan Illustrator atau cara bikin wpap dengan illustrator untuk desainer dan pecinta Wedha’s Pop Art Portrait WPAP. Saat ini seni WPAP sudah berkembang jauh melesat yang ditandai dengan banyaknya fans dan bahkan komunitas official yang secara khusus mendiskusikan seni WPAP di wpapcommunity.com. Diawali dari illustrasi bergaya kubisme berkembanglah menjadi bentuk dan teknik yang khas. Wajah para tokoh populer disusun dalam mosaik warna berseberangan yang dipecah menurut faset-fasetnya. Tidak dalam pengertian kubisme, namun lebih pada penggabungan ragam warna harmonis sehingga membentuk tokoh yang digambarkan.

Apa WPAP ?

WPAP ( Wedha’s Pop Art Potrait ) adalah gaya ilustrasi potret yang didominasi bidang warna berseberangan seperti warna depan, tengah, dan belakang dibentuk dari garis lurus tegas untuk menimbulkan dimensi. Seni pop art ini selain dibentuk oleh garis-garis imajiner tegas yang awalnya hanya untuk bentuk wajah, posisi elemen-elemen anggota wajah dan proporsinya sama dengan potret aslinya. Teknik pembuatan vector wpap dibuat berdasarkan proses tracing menjiplak / ngeblat atau mencotoh foto preferensinya.
Cara Membuat WPAP dengan Illustrator
Penemu WPAP adalah Wedha yang bernama lengkap Wedha Abdul Rasyid yang lahir pada tanggal 10 Maret 1951. Beliau yang sering dipanggil “pak de” ini juga mendapatkan posisi istimewa di Indonesia dengan sebutan Bapak Illustrator Indonesia karena jasa-jasanya. Kontribusi positif dan karya illiustrasi juga seni rupa beliau telah banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia.
Wedha adalah seorang illustrator kawakan di majalah Hai. Beliau mulai mempraktekkan aliran Pop Art pada karya illustrasinya pada tahun 1990-an. Pada usia tua inilah beliau mendapatkan hambatan dalam membuat karya desain dan seni. Wedha mengalami penurunan daya penglihatan yang berimbas pada sulitnya melukis manusia dan objek lukis secara realis. Hambatan inilah yang justru menjadi trigger Wedha untuk menghasilkan karya gambar manusia yang lebih sederhana dan mudah dikerjakan. Dimulai dengan membayangkan wajah manusia sebagai kumpulan bidang datar yang terbentuk oleh garis-garis tegas imajiner. Sama seperti orang sukses lainnya, beliau mengalami banyak kegagalan pada proses uji coba. Sebelum menjadi WPAP seni lukis ini disebut FMB ( Foto Marak Berkotak ).

Cara Membuat WPAP dengan Illustrator

Pada tutorial ini ahlidesain akan share bagaimana cara saya membuat gambar vector dengan gaya Wedha’s Pop Art Potrait (WPAP) dengan illustrator
Terimakasih kepada DavidJk17 yang telah mau meluangkan waktu membuat tutorial cara membuat wpap dengan adobe illustrator ini dan mengupload videonya sekaligus. Semoga panduan cara bikin wpap ini bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar